Minggu, 16 Agustus 2009

M E R D E K A


pada saat memperingati HUT RI banyak orang yang menyerukan kata MERDEKA, sebenernya Apa seyh kemerdekaan atau merdeka itu....???dan juga apakah sekarang ini kita telah merdeka...??? satu pertanyaan yang sulit untuk dijawab.

kalau diartikan secara harfiah merdeka itu ialah rasa dimana kita telah terbebas dari segala jenis penjajahan or penindasan dari orang lain, dimana kita bisa dengan bebas berekspresi dalam segala hal.

Gak usah ngebahas tentang bangsa INDONESIA dulu...untuk diri gw sendiri aja gw terkadang masih bingung, apakah gw sudah merdeka atau belum. mmmmm....kayanya satu pertanyaan yang sulit dan kayanya gak akan pernah gw bisa jawab, karena menurut gw didalam hidup ini kita hidup didalam suatu komunitas yang sangat kompleks tentunya dengan berbagai macam karakteristik dan cara pandang masyarakat yang berbeda pula. oleh karena itu akan sangat sulit buat gw untuk mendapatkan kemerdekaan secara penuh karena sebagai makhluk sosial kapanpun dan dimanapun gw berada,gw pasti akan dibatasi dengan suatu aturan ataupun norma-norma yang berlaku didalam suatu komunitas itu sendiri.

Terkadang norma atau aturan yang berlaku dalam suatu komunitas akan bisa gw terima tapi terkadang juga norma dan aturan tersebut suka bertentangan dengan hati dan nurani gw sebagai seorang individu. tapi karena keharusan memenuhi norma dan aturan tersebut maka mau gak mau gw harus mematuhinya walaupun sangat bertentangan dengan hati nurani.....

mmmmmmm...jadi menurut menurut gw makna MERDEKA itu sangatlah rumit dan sampai kapanpun kita tidak akan pernah mendapatkan apa itu KEMERDEKAAN..yang perlu kita lakukan hanyalah berupaya untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari hari ke hari, so.. DO ALL THE BEST YOU CAN, DONT MAKE YOUR MOVE BE STOP IT COZ LIFE MAKE IT PERFECT...

Tidak ada komentar: