Kamis, 13 Agustus 2009

PADY (Personal ADvertising dYnamic) Mobile advertising



Perkembangan gaya hidup belakangan ini telah mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan teknologi, yang pada akhirnya menyebabkan perubahan perilaku dari konsumen. Tekhnologi internet dan mobile adalah yang mengalami perkembangan sangat cepat, dalam hal ini mengakibatkan perubahan dari perilaku konsumen, sebagai contoh :

1.Penggunaan SMS dan e-card untuk menggantikan kartu ucapan selamat, dsb
2.Penggunaan email untuk menggantikan aktifitas surat menyurat
3.Penggunaan aplikasi mobile banking, mobile internet di ponsel
4.Dsb

Selain hal tersebut diatas aktifitas konsumen yang sangat padat juga menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan,


Hasil dari perubahan perilaku konsumen mengakibatkan adanya perubahan yang harus dilakukan produsen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Besarnya peranan ponsel dan internet pada kehidupan sehari-hari masyarakat, meningkatkan kepntingan perusahaan untuk memahami penggunaan ponsel sebagai media pemasaran brand-nya karena sifatnya yang lebih personal, kami melihat efektifitas komunikasi pemasaran yang lebih baik dimana informasi dapat diakses melalui ponsel pribadi.

Saat ini telah terjadi segmentasi pasar dan komunikasi one-to-one menjadi sorotan dalam dunia pemasaran.Pada saat itulah kami mulai melirik pada MOBILE ADVERTISING sebagai media alternative baru bagi perusaahan dalam menyampaikan informasi dan promosi langsung kepada konsumennya.

Sebenarnya Mobile advertising bukanlah sebuah hal baru di Indonesia, karena mobile advertising sudah banyak dilakukan oleh banyak perusahaan ataupun provider penyedia jasa komunikasi seperti SMS blast,MMS blast, dsb. Salah satu komponen atau kaidah utama dalam mobile advertising yang banyak tidak diindahkan oleh mereka adalah permission ke konsumen, padahal secara tidak langusng mereka sudah menggunakan ponselkonsumen sebagai media dalam meyampaikan informasi dan promosi brand mereka.
Jika anda sebagai konsumen, tentu anda tidak akan membiarkan salah satu benda yang paling personal dan berharga milik anda diganggu oleh pihak lain dalam bentuk apapun.oleh karena itu seiring dengan perkembangan teknologi kami hadir dengan sebuah konsep mobile advertising yang mengedepankan permission (persetujuan) kepada konsumen yang kami beri nama PADY (personal advertising dynamic).

PADY (Personal Advertising Dynamic)

PADY merupakan “phone advertising delivery system”, yang berbentuk aplikasi pada telepon selular berbasis GSM . Prinsip kerja PADY adalah menayangkan iklan visual/ animasi bergambar setiap terdapat panggilan telepon masuk (incoming calls) dan berbagai layanan pesan masuk pada telepon selular (SMS,MMS,E-mail, etc).



Beberapa kelebihan aplikasi PADY yang tidak dimiliki yang lain adalah:
1.Immediaty
Pengiriman informasi ke user sebagai suatu komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dan dalam hitungan detik
2.Reliabilitas Tinggi
Tingkat kegagalan dalam proses penyampain informasi ke ponsel user sangan kecil
3.Mobility
User dpat menerima informasi dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan waktu dan tempat
4.Effectivenes
Informasi disampaikan secara efektif karena dapat diterima dan dilihat langsung oleh target yang dituju
5.Personalization
Perusahaan dapat memilih taret yang ingin dituju berdasarkan klasifikasi yang diinginkan, misal demografis, usia, jenis kelamin, dan sebagainya.
6.Cross medium for marketing
PADY merupakan alat pelengkap dari media pemasaran yang telah ada sebelumnya
7.Revenue Generation
Selain membantu efisiensi biaya promosi bagi produsen, PADY juga dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan bagi user, karena PADY meberikan manfaat langsung yang diterima oleh setiap user yang melihat iklan pada layar ponselnya yaitu dalam bentuk POINT PADY.
8.Measurable
Perusahaan dapat mengetahui jumlah pelanggan yang mendapatkan informasi pemasaran secara akurat dan data tersebut dapat diperoleh kapan saja dibutuhkan.

Sesuai dengan keterangan diatas yang menyatakan bahwa aplikasi PADY selalu mengedepankan permission bassed kepada konsumen, maka untuk setiap user yang ingin menginstal aplikasi kami, mereka harus mengisi questioner yang menerangkan profil dari user tersebut. Questioner ini selain berfungsi sebagai permission based, juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk menentukan segmentasi konsumen mana yang sesuai dengan brand mereka

Berikut ini adalah beberapa step untuk proses aktivasi aplikasi PADY
1.Pengguna ponsel melakukan insatalasi aplikasi PADY secara gratis yaitu dengan
a.Mendownload aplikasi melalui website PADY
b.Mendownload aplikasi melalui handphone
c.Mendapatkan aplikasi melalui agen-agen PADY yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia
d.Mendapatkan aplikasi melalui komunitas-komunitas yang menggunakan aplikasi PADY sebagai Lable dari komunitas mereka
2.Pengguna ponsel yang telah melakukan instalasi kemudian melakukan registrasi dengan mengisi kuesioner berdasarkan profil dari si pengguna.

Tidak ada komentar: