Kamis, 19 Maret 2009

belajar arti sebuah kejujuran

cuma mau share aja,siapa tau dengan begini perasaan gw bisa lebih lepas n lega... kemaren sore, gak sperti biasanya perasaan gw tuh ga enak banget sumpah, klo diibaratkan makanan rasanya tuh udah aneh banget deh asin,pedes,manis,pait,... pokoknya ga karuan deh.. Gw ga tau kenapa bisa begini.......uhhhhhhhhh................

akhirnya untuk menghilangkan kesuntukan itu kemarin tgl 19 maret 2009, sepulang kerja gw putuskan untuk keliling kota sendirian eh nggak deng ditemenin sama si manis (my beat)...heheheh... sebenernya gw sendiri ga tau mau kemana, pokoknya tarik gas aja,, eh begitu sadar tau-tau gw udah ada di tengah kota jakarta yang terlihat begitu angkuh dan sombong dengan gedung-gedung pencakar langitnya..tapi dibalik itu semua ternyata pemandangan kota jakarta dimalam hari lumayan indah juga..lama-lama naek si manis ternyata capek juga seyh dan juga ternyata begitu nengok jam, gak terasa dah 2 jam gw jalan gak jelas (dah jam setengah 10)..untuk menghilangkan rasa pegel n ngantuk akhirnya gw sandarin motor gw di pojokan warung kopi yg berada di ujung jalan sabang-jakarta pusat..

di warung itu gw mesen kopi hitam hangat sambil ngelirik kanan dan kiri, siapa tau aja masih tersisa gorengan...heheheheh.... ternyata pencarian gw itu gak sia-sia di pojokan masih ada tahu goreng dan tempe goreng yang walaupun sudah dingin tapi masih lumayan untuk mengganjal perut..hehehehe..

sambil nunggu kopi, gw ngemil tuh gorengan tahu sambil ditemani sebatang rokok mild.... sayup2 gw denger ada seorang anak kecil yang tampaknya seperti pedagang asongan menjajakan rokok dan permen... dia mulai menawarkan ke semua yang ada disitu dagangannya.. semakin lama gw perhatikan tuh anak..semakin kasihan gw melihatnya soalnya dr sekian banyak orang yang dia tawarkan tidak ada satupun yang membeli barang dagangannya.. sampai kemudian dia menawarkan kepada gw sebungkus rokok, awalnya gw ga mw beli itu rokok karena rokok gw masih ada sisa setengah bungkus tapi karena rasa iba, akhirnya gw beli deh sebungkus rokok mild dan juga sebungkus permen mentos.. setelah rokok dan permen itu diberikan ke gw langsung gw keluarin duit 20ribuan dr dompet gw. Begitu dia cek, ternyata dia ga punya uang untuk kembaliannya, yang dia punya yaitu uang puluhan ribu dan selembar uang 5000an, tp karena iba tadi gw bilang ke anak kecil pedagang asongan tersebut supaya kembaliaanya 5000 aja yang 3000nya ga usah dikembaliin, tp dia tetep bersih keras klo dia harus mengembalikan uang itu karena kata anak itu saya ini jualan mas bukan untuk minta-tiba. pada awalnya gw sumpah kaget banget..tapi begitu gw sadar timbul suatu rasa salut yang luar biasa terhadap anak ini karena walaupun masih kecil dia sudah memiliki prinsip yang kuat dalam mengarungi hidup.. tak lama kemudian dia izin untuk menukarkan uang,guna mencari uang kembalian untuk gw.. gak lama kemudian hujan rintik2 mulai turun dan juga kopi panas gw sudah jadi dibuatkan,, sambil menikmati hangatnya kopi dan suasana malam di sabang yang lumayan menyenangkan tiba-tiba itu anak kembali lagi sambil meyodorkan uang 3000 ke gw..

sambil sedikit bengong gw sempet melihat expresi dr anak itu yang tampak sedikit kelelahan dan sedikit tergopoh2.. satu hal yang masih gw inget dr perktaan terakhir anak itu ke gw.. "untung masnya masih ada, klo gak ada saya bingung harus ngembaliinnya kemana, saya kan gak tau rumah mas"... sumpah gw kaget banget ngedengernya.. ga nyangka aja, ditengah keangkuhan kota jakarta dan ditengah image anak gelandangan dan pedagang asongan yang negatif ternyata masih ada sosok yang jujur & ikhlas walaupun keterbatasan selalu menghantui mereka di dalam kesehariannya.. jujur gw kaget...

Tp dri semua itu bnyak hal yg bisa gw petik, diantaranya yaitu harusnya gw bisa lebih bersyukur dengan apa yg miliki sekarang dan juga gw harus terus mengedepankan sikap jujur dan ikhlas dalam mengarungi hidup ini,,, walaupun banyak masalah or rintangan yang sering menghadang tapi gw yakin klo kita menghadapinya dengan sikap yang dimiliki anak kecil tadi insyaalah pasti smwnya akan berjalan dengan baik...

gak terasa dah jam 11 malem dan hujan dah mulai reda, gw putusin untuk pulang ke rumah karena kasihan juga orang rumah klo gw pulangnya kemaleman,soalnya pasti nyokap gw tidurnya keganggu...setelah selesai melakukan pembayaran, gw ambil si manis terus tarik gas poll menuju rumah.....

2 komentar:

mejikuhibingiu mengatakan...

punya bakat menulis juga yah ternyata....

Dwi Endro Hartono mengatakan...

hehhehhe...jadi malu neyh,, klo da kekurangan kasih comment yah bu... soalnya masih harus banyak belajar dari bu guru.....